Sunday , 15 December 2019
Home / News / Nasional / Gunung Agung Kembali Erupsi, Masyarakat Di Harapkan Tenang

Gunung Agung Kembali Erupsi, Masyarakat Di Harapkan Tenang

MediaAtlantisNews.com – Erupsi Gunung Agung di Bali terjadi sejak kemarin hingga Jumat (29/6/2018). Namun saat ini kembali erupsi pukul 21.04 Wita. Erupsi terjadi secara strombolian dengan suara dentuman. Erupsi bersamaan dengan lontaran lava pijar dari kawah mencapai jarak 2 kilometer.

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM Kasbani, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Kasbani mengatakan, erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 milimeter dan durasi sekitar 7 menit 21 detik.

zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling terbaru. Saat ini PVMBG masih mempertahankan Gunung Agung berada pada status Siaga atau level III.

Radius berbahaya tetap di dalam radius 4 km dari puncak kawah. Sutopo juga menghimbaum masyarakat yang terdekat dan tinggal di lereng Gunung Agung melakukan evakuasi mandiri. Ia juga menghimbau masyarakat untuk tetap tenang.

Masyarakat juga di harapkan untuk menjauhi area di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. (ras)

About Media News Atlantis

Artikel Lainnya

Presiden Jokowi kembali Kunjungi Lombok, Fokus Rehabilitasi akibat Gempa Lombok

Presiden Jokowi kembali bertolak menuju Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin (13/8/2018). Jokowi berangkat dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *