Sunday , 17 November 2019
Home / Arsip / JURNALIS MALANG RAYA MEMPERINGATI HARI KEBEBASAN PERS DUNIA

JURNALIS MALANG RAYA MEMPERINGATI HARI KEBEBASAN PERS DUNIA

Mediaatlantisnews.com – Memperingati World Press Freedom Day atau Hari Kebebasan Pers Dunia, hari ini (3/5) jurnalis Malang Raya mengadakan aksi damai di Halaman Balai Kota Malang. Tiga tuntutan diangkat dalam unjuk rasa yang melibatkan sekitar 100 orang tersebut.

Tiga tuntutan tersebut yakni lawan hoax, lawan kekerasan jurnalis, serta independensi jurnali dan media. Lima elemen yang bergabung dalam aksi tersebut meliputi AJI, PFI, IJTI, PWI, dan PPMI.

Massa melakukan longmarch, orasi, pembacaan puisi, serta membagi stiker dan bunga pada pengguna jalan. Para jurnalis juga menggalang tanda tangan dukungan untuk kebebasan pers pada publik dan jajaran pemerintahan.

Salah satu orator aksi, Abdul Malik menyerukan tema Pers Bebas untuk Publik. Sekretaris AJI Malang itu menyebut dalam Indeks Kebebasan Pers Dunia (World Press Freedom Index) 2017, Indonesia berada di peringkat 124 dari 180 negara.

“Berbagai kasus kekerasan terhadap jurnalis di Indonesia menjadi sorotan. Setiap tahun terus meningkat. AJI Indonesia mencatat sepanjang 2016 terjadi 76 kasus kekerasan, dibanding 2015 sebanyak 44 kasus. Sementara Januari-April 2017 sebanyak 24 kasus,” ujar Malik.(Ayu/radarmalang.id)

About Media News Atlantis

Artikel Lainnya

Mahasiswa UM Ciptakan Perangkat Hama Ngengat, diminati Petani Hingga NTB

Alat perangkap hama ngangat ciptaan mahasiswa UM diminati oleh petani bawang merah dari berbagai daerah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *